HOLOPIS.COM, JAKARTA – Indonesia selaku tuan rumah Piala Dunia U-20 2023, dikabarkan siap merampungkan kembali persiapan penyelenggaraan turnamen kelas dunia tersebut.

Hal itu disampaikan, sebagaimana dalam pembahasan rapat kabinet terbatas yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi bersama Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ketua Umum PSSI yakni Mochamad Iriawan, dan pihak terkait lainnya, pada Kamis (8/9).

Sebelumnya dapat diketahui bahwa, Indonesia sendiri telah resmi ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 yang awalnya diselenggarakan tahun 2021 kemarin.

Namun, karena adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh negara di dunia termasuk Indonesia, maka Piala Dunia U-20 diundur dan diselenggarakan pada tahun 2023 mendatang.

Dalam hal ini, Zainudin Amali mengatakan bahwa Indonesia sejatinya sudah siap menjadi penyelenggara Piala Dunia U-20 untuk 2021 lalu.

“Namun, karena ada penundaan maka tentu hal-hal yang sudah kita persiapkan itu menjadi kurang dan harus dipersiapkan kembali,” ungkap Menpora Amali dalam konpersnya setelah ratas bersama Presiden Jokowi.

Lanjutnya, Menpora Amali menyampaikan, hal-hal mengenai persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023, hingga persiapan timnas Indonesia sendiri, telah dilaporkan kepada Presiden Jokowi.

Selain itu, Menpora Amali menyebut bahwa kondisi Stadion saat ini perlu perbaikan kembali, setelah digunakan untuk beberapa kompetisi yang digelar sebelumnya.

“Setelah ada inspeksi FIFA pada Juni lalu, karena fasilitas-fasilitas yang sudah disiapkan untuk Piala Dunia U-20 2023 itu digunakan oleh daerah baik itu untuk kompetisi, untuk pertandingan-pertandingan dan kebutuhan lain, saya beri contoh seperti Stadion Manahan Solo yang tadinya sudah siap, tapi pada saat itu kita gunakan untuk turnamen pramusim dua kali yakni Piala Presiden dan Piala Menpora, kemudian juga untuk kompetisi Liga 1 dan terakhir digunakan untuk ASEAN Para Games,”

“Sehingga kondisinya masih perlu perbaikan lagi, sama hal nya dengan Stadion-stadion lainnya seperti Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan lain sebagainya,” sambungnya.

Kemudian, Menpora Amali menambahkan bahwa berdasarkan hal tersebut lah, Presiden Jokowi kemudian memerintahkan para menteri terkait untuk segera melakukan langkah-langkah untuk memenuhi apa yang dikehendaki oleh FIFA supaya memenuhi standar.

“Misalnya perbaikan rumput, kemudian perbaikan-perbaikan penerangan yang tadinya sudah siap, tetapi karena penundaan itu maka ada kekurangan-kekurangan,” tukasnya.

Sebagai informasi tambahan, telah diinformasikan sebelumnya bahwa ada pun enam stadion yang telah resmi digunakan untuk Piala Dunia U-20 2023 mendatang yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Sriwijaya (Palembang), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).