HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kebocoran data sudah sering terjadi, bahkan orang terkadang tidak sadar jika data pribadinya dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Pencurian data pribadi oleh para peretas, bisa digunakan oleh mereka untuk mengambil alih akun media sosial hingga menghabiskan uang yang ada di rekening tabungan.

Untuk menghindari itu semua, ada beberapa cara yang bisa digunakan. Salah satunya, mengecek dengan menggunakan beberapa situs apakah email, kata sandi, hingga nomor ponsel aman dari peretasan.

Berikut ini beberapa situs yang bisa digunakan Sobat Holopis untuk mengecek kebocoran data pribadi, sehingga kalian semua bisa memastikan terhindar dari hal yang tidak diinginkan itu atau tidak.

1. Avast.com
Situs keamanan lintas paltform ini bisa digunakan untuk, Microsoft Windows, macOS, Android dan iOS. Untuk menggunakannya, Sobat Holopis cukup mengkases melalui https://www.avast.com/hackcheck/ untuk mengecek keamanan email. Nantinya, Sobat Holopis akan mendapatkan info terkait berapa kali password email bocor. Lalu, kebocoran email bisa diketahui saat menggunakan situs apa.

2. Haveibeenpwned.com
Hampir sama dengan Avast, situs ini juga bisa digunakan untuk mengecek kebocoran email Sobat Holopis. Cara mengaksesnya, dengan mendaftar melalui https://haveibeenpwned.com/ dengan memasukkan alamat email.

3. Dehashed.com
Agar memudahkan menggunakan situs ini, pertama kali Sobat Holopis harus berlangganan. Situs ini akan memberikan informasi, apakah identitas Sobat Holopis ada dalam daftar yang diretas. Selain itu, penggunaan password Sobat Holopis juga bisa diketahui digunakan di mana saja. Untuk mengaksesnya, Sobat Holopis tinggal masuk ke https://www.dehashed.com/.

4. Firefox Monitor
Sobat Holopis cukup mengakses https://monitor.firefox.com/, untuk mengetahui email dan password yang digunakan bocor atau tidak. Untuk menggunakannya, cukup menggunakan email. Lalu, tinggal pilih navigasi Breaches di sebelah  Home, untuk pengecekan secara spesifik terkait dengan kebocoran dari data Sobat Holopis.

5. Periksadata.com
Situs ini bisa memberikan informasi mengenai data milik Sobat Holopis, cukup menggunakan email. Situs ini, memiliki tools khusus yang bisa deteksi kebocoran data.