HOLOPIS.COM, JAKARTA – Honda ADV 160 yang sudah meluncur di Indonesia, memiliki satu fitur yang cukup canggih. Fitur tersebut, adalah Honda Selectable Torque Control (HSTC).

Secara umum, HSTC berfungsi untuk menjaga ban belakang tidak slip saat motor di gas secara mendadak di jalan licin.Lalu, bagaimana sebenarnya cara kerja HSTC di Honda ADV 160.

Dengan adanya fitur ini, pengguna Honda ADV 160 akan merasa aman saat melintas di jalan licin dan sedikit berlumpur. Fitur ini bersifat opsional, bisa diaktifkan ataupun di non-aktifkan tergantung pemilik kendaraan.

Fitur ini, mulai berkerja saat mesin motor mulai dinyalakan. Nantinya, wheel speed sensor yang ada di ban depan dan belakang akan mendeteksi kecepatan kedua ban pada motor.

Lalu, hasilnya akan dikirimkan ke ECU. Apabila kedua ban memiliki kecepatan berbeda, maka ECU akan membuat  Traction Control memulai kerja.

Kemudian, Engine Torque Control (ETC) akan bekerja untuk memutus sementara pengapian mesin. Sehingga, kerja mesin akan terhenti dalam sepersekian detik sehingga penyaluran torsi mesin ke roda belakang terputus untuk meredakan selip yang terjadi.