Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSoal Harga Pertalite, Jokowi dan Menterinya Gak Kompak

Soal Harga Pertalite, Jokowi dan Menterinya Gak Kompak

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wacana kenaikan harga Pertalite menuai polemik di tengah masyarakat. Banyak kalangan masyarakat yang menentang rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) penugasan tersebut.

Pemerintah menilai, harga BBM bersubsidi perlu untuk segera disesuaikan lantaran hanya minyak global terus mengalami kenaikan, sehingga dikhawatirkan akan semakin membebani anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Namun di sisi lain, kenaikan harga BBM sejuta umat ini berpotensi meningkatkan angka inflasi di Indonesia.

Sejauh ini, meski harga minyak dunia melonjak, pemerintah masih menahan harga Pertalite. Sebab, pemerintah masih memberikan subsidi pertalite.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga meminta para menterinya untuk melakukan melakukan perhitungan secara cermat sebelum nantinya diputuskan apakah harga BBM bersubsidi Pertalite dan Solar akan naik atau tidak.

Dalam perkembangannya, Presiden Jokowi dan para jajaran menterinya di Kabinet Indonesia Maju Jilid II seringkali menyampakan perhitungan harga BBM Pertalite maupun Solar apabila tidak mendapat subsidi dari pemerintah.

Akan tetapi, perhitungan harga asli atau keekonomian dari dua jenis BBM bersubsidi versi Jokowi dan para menterinya itu berbeda-beda.

Versi Presiden Jokowi

Presiden Jokowi mengatakan, harga asli Pertalite jika tak disubsidi pemerintah mencapai Rp17.100 per liter. Pernyataan ini disampaikan Jokowi kala menghadiri acara Silaturahmi Nasional (Silatnas) Persatuan Purnawirawan TNI AD pada Jumat (5/8).

“Coba di negara kita bayangkan, kalau Pertalite naik Rp7.650 harga sekarang ini kemudian naik menjadi, harga yang benar adalah Rp17.100, demonya berapa bulan?” kata Jokowi kala itu.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas Antam Ngegas Jelang Akhir Pekan, 1 Gram Dibanderol Rp 1.443.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Loyo Saat Jeda Makan Siang

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah pada pertengahan perdagangan, atau pada penutupan perdagangan sesi I hari ini, Jumat 20 September 2024.

Turun Lagi, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau kembali mengalami penurunan pada perdagangan hari ini, Jumat 20 September 2024.

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.