HOLOPIS.COM, JAKARTA – SETARA Institute mengatakan bahwa penjelasan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam menjawab pertanyaan tentang kasus Ferdy Sambo sudah sesuai dan dapat mendorong penyelesaian kekacauan di instansi Polri.

“Secara garis besar, paparan Kapolri dalam merespon berbagai pertanyaan menunjukkan bahwa penanganan kasus FS sudah on the rights track sehingga dorongan untuk percepatan pelimpahan dan persidangan bisa menyudahi prahara di tubuh kepolisian,” kata Ketua SETARA Institute, Hendardi dalam keterangannya yang diterima Holopis.com, Kamis (22/8).

Selanjutnya, Hendardi juga menyebutkan beberapa anggota DPR mengingatkan agar segera menyelesaikan pemeriksaan anggota kepolisian yang melanggar kode etik dan menyampaikan hasilnya ke publik.

“Paralel dengan itu, sejumlah anggota DPR juga mengingatkan pentingnya percepatan penanganan anggota Polri yang dianggap melanggar kode etik,” ujarnya.

“Segera dilakukan termasuk pernyataan clearance dari Kapolri atas sejumlah anggota yang sudah diperiksa tetapi sebenarnya tidak terlibat,” sambungnya.

Menurutnya, penguatan Polri dari dalam diyakini bisa cepat memberikan perbaikan secara keseluruhan.

“Dengan demikian, konsolidasi internal Polri pada jalan perbaikan baru yang holistik bisa diakselerasi,” ucapnya.