HOLOPIS.COM, JAKARTA – Modifikasi gerbong kereta dilakukan PT KAI (Persero) dengan mengubah kelas eksekutif jadi kereta panoramic. Nantinya, dalam gerbong akan memiliki sunroof di bagian atapnya.

Selain sunroof, pada bagian kaca juga dibuat lebih besar sehingga membuat pandangan penumpang jadi lebih luas.

“PT Kereta Api Indonesia melakukan inovasi dengan memodifikasi kereta penumpang kelas eksekutif menjadi kereta panoramic. Kereta ini punya sunroof dan ukuran kaca juga lebih besar jadi kita bisa melihat pemandangan lebih luas,” tulis akun Twitter Balai Pengujian Perkeretaapian, yang dilansir Kamis (18/8).

Sebelum digunakan untuk mengangkut penumpang, kereta yang dimodifikasi harus melalui pengujian pertama. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan PM No 15 Tahun 2011.

Kereta panoramic tersebut akan melalui beberapa pengujian yang dilakukan oleh Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian. Pengujian ini antara lain adalah, uji rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran.

Hal tersebut adalah upaya untuk memastikan kereta panoramic dapat aman dan nyaman saat digunakan.

“Tim Penguji Sarana Perkeretaapian dari Balai Pengujian Perkeretaapian telah melaksanakan pengujian baik secara statis maupun dinamis beberapa diantaranya adah pengujian rancang bangun, uji dimensi, uji intensitas cahaya, uji sirkulasi udara, uji kebisingan, uji temperatur bearing dan uji kebocoran,” tutupnya.