Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizBI Ungkap Alasan Tak Mau Buru-buru Naikkan Suku Bunga

BI Ungkap Alasan Tak Mau Buru-buru Naikkan Suku Bunga

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo menegaskan bahwa pihaknya tidak akan terburu-buru dalam menaikkan suku bunga acuan atau BI 7 day reverse repo rate, meski angka inflasi kini sudah berada di level 4,94 persen secara tahunan atau year on year (yoy).

Perry beralasan, pihaknya masih menahan suku bunga acuan di level 3,5 persen lantaran sudah ada kebijakan subsidi serta pengendalian pangan yang  dikeluarkan pemerintah.

Dengan adanya berbagai kebijakan itu, serta suku bunga yang masih rendah, Ia berharap agar stabilitas sistem keuangan nasional serta pemulihan ekonomi tetap terjaga di tengah ketidakpastian global.

“Kami juga sementara ini belum perlu menaikkan suku bunga karena ada subsidi dan pengendalian pangan. Jadi kami tidak buru-buru menaikkan suku bunga. Sehingga masih bisa menjaga stabilitas dan pemulihan ekonomi,” jelas Perry dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022, Kamis (18/8).

Meski demikian, tetap ada sejumlah kebijakan pengendalian inflasi yang diambil, antara lain memastikan pasokan pangan. Kebijakan itu dilakukan dengan melibatkan pemerintah pusat dan daerah. Kemudian ada juga tambahan subsidi energi yang akan diberikan, sehingga harapannya tidak ada kenaikan harga yang nantinya berpotensi memberatkan masyarakat.

Di sisi lain, BI sebagai Bank sentral Indonesia juga mengambil langkah pengendalian nilai tukar rupiah. Hal itu terbukti dari kurs mata uang rupiah yang tetap stabil, yakni di kisaran Rp14.700 secara rata-rata tahunan, meskipun sempat mengalami depresiasi pada awal tahun.

“Kami lakukan intervensi stabilisasi nilai tukar rupiah supaya ini tidak kemudian mengganggu stabilitas bagi pemulihan ekonomi dan rakyat. Harga di dalam negeri tidak naik,” tuturnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Pasar Keuangan RI Banjir Dana Asing dalam Sepekan

Bank Indonesia (BI) mencatat aliran dana asing yang masuk ke pasar keuangan Indonesia selama sepekan terakhir, yakni selama periode transaksi 17 - 19 September 2024 sebesar Rp 25,6 triliun.

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.