HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Joko Widodo dijadwalkan untuk menjadi inspektur upcara di dalam perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 77 tahun di Istana Negara Jakarta.

Seperti biasa, Kepala Negara tersebut akan hadir dengan mengenakan pakaian adat asal daerah nusantara di dalam peringatan tersebut.

“Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI tinggal dua hari lagi. Seperti tahun-tahun yang lalu, saya dan Ibu Negara akan datang ke upacara dengan busana adat daerah,” kata Presiden Jokowi, Senin (15/8).

Sampai saat ini, Presiden Jokowi masih bingung dan belum menentukan pakaian adat mana yang akan dikenakan nantinya.

“Pilihannya sungguh banyak, sebanyak jumlah suku di Nusantara,” ujarnya.

Usai mengunggahnya di Twitter, banyak netizen yang akhirnya merespon. Salah satunya adalah Firman The Lawyer. Ia menyarankan agar di peringatan HUT RI ke 77 di Istana Negara nanti, Presiden mengenakan pakaian khas adat Papua.

“Pak Presiden, untuk 2022, 17 Agustus nanti, usul busana adat daerah papua (adat wamena atau pengunungan tengah). Alasan : sebagai pesan bahwa pemerintah dan negara Indonesia mencintai tulus Papua dan Papua Barat sebagai NKRI,” tulisnya.

Kemudian, ada juga netizen Ramdhan Salatun menyarankan agar Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Banggai, Sulawesi Tengah.

Lalu, ada juga netizen yang menyarankan agar Presiden Jokowi memilih saja pakaian adat khas daerah Kalimantan. Tujuannya adalah simbol apresiasi negara terhadap kawasan yang saat ini menjadi calon Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia ke depannya.

Ada juga netizen yang menyarankan agar Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana mengenakan pakaian adat yang berbeda. Di mana Ibu Iriana mengenakan pakaian Bundo Kanduang, sementara Presiden Jokowi mengenakan pakaian Pemangku adat Minangkabau.

Terakhir, ada juga netizen yang menyarankan agar Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat Tidore dari Maluku Utara.