Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizBI Ramal Deflasi Pekan Kedua Agustus Capai 0,1 Persen

BI Ramal Deflasi Pekan Kedua Agustus Capai 0,1 Persen

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memprediksi perkembangan harga sampai dengan pekan kedua Agustus 2022 mengalami deflasi sebesar 0,1 persen secara bulanan atau month to month (mtm).

Berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan BI pada minggu II Agustus 2022, menunjukkan bahwa deflasi pada periode ini salah satunya dipicu oleh harga bawang merah yang sudah mulai menurun.

“Komoditas utama penyumbang deflasi Agustus 2022 sampai dengan minggu kedua yaitu bawang merah (-0,14 persen mtm), cabai merah (-0,09 persen mtm), cabai rawit dan minyak goreng masing-masing sebesar (-0,06 persen mtm),” ujar Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono, Jumat (12/8).

Kemudian juga daging ayam ras (-0,04 persen, mtm), tarif angkutan udara (-0,03 persen mtm), tomat (-0,02 persen mtm), serta bayam dan jeruk masing-masing sebesar (-0,01 persen mtm).

“Sementara itu, komoditas yang menyumbang inflasi pada periode minggu kedua Agustus 2022 yaitu Bahan Bakar Rumah Tangga (BBRT) (0,08 persen mtm), rokok kretek filter (0,03 persen mtm), air kemasan dan beras masing-masing sebesar (0,01 persen mtm),” tukasnya.

Ke depan BI akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah dan otoritas terkait dan terus mengoptimalkan strategi bauran kebijakan untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan guna mendukung pemulihan ekonomi lebih lanjut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.