HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tersangka kasus meme stupa mirik Jokowi, Roy Suryo dipastikan layak untuk menjalani proses pemeriksaaan lanjutan dalam kasus tersebut.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, kepastian tersebut didapatkan dari hasil pemeriksaan yang dilakukan penyidik sebelum memeriksa mantan kader Partai Demokrat tersebut.

“Roy Suryo terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh penyidik untuk mengetahui kondisi fisiknya,” kata Zulpan, Jumat (5/8).

Pemeriksaan itu sendiri untuk memastikan Roy Suryo tidak beralasan sakit lagi untuk kemudian menunda proses pemeriksaan. Terlebih, ditegaskan Zulpan, Roy Suryo nampak segar bugar saat sedang beraktifitas bersama kerabatnya.

“Karena dalam pemeriksaan terakhir, yang bersangkutan dinyatakan sakit. Tetapi ada aktivitas lain yang dilakukan di luar, yang semestinya tidak lakukan,” ungkapnya.

Lebih lanjut Zulpan menjelaskan, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan dan Roy Suryo dinyatakan sehat, penyidik pun kemudian melakukan pemeriksaan lanjutan.

“Pemeriksaan lanjutan terkait dengan laporan yang diberikan dilaporkan masyarakat baik itu saudara Kevin Wu maupun Kurniawan Santoso, terkait dengan meme stupa Candi Borobudur terhadap saudara Roy Suryo,” terangnya.

Mengenai proses penahanan, Zulpan kemudian enggan menjelaskan lebih lanjut menunggu hasil pemeriksaan rampung.

“Pemeriksaan sedang berlangsung. Nanti bagaimana hasil pemeriksaan atau tindakan apa yang akan dilakukan penyidik setelah dilakukan pemeriksaan, tentunya nanti kita tau setelah pemeriksaan ini selesai dilakukan,” pungkasnya.