HOLOPIS.COM, JAKARTA – Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk mempercepat transisi dari kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

Seperti usulan yang disampaikan Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), untuk memberikan insentif pengguna kendaraan listrik. Mulai dari bebas aturan ganjil – genap, hingga gratis saat masuk jalan tol, hingga pengurangan pajak kendaraan.

Dengan insentif yang akan diberikan ini, diharapkan bisa meningkatkan daya tarik masyarakat untuk beralih ke mobil listrik.

“Itu kita upaya untuk bisa diterapkan,” ujar Direktur Konservasi Energi, Ditjen EBTK Kementerian ESDM, Puspa Dewi, (3/8).

Selain itu Puspa mengatakan, dalam percepatan transisi ini masyarakat yang ingin memiliki kendaraan listrik, adalah menyediakan pendanaan murah untuk para pembeli kendraan Listrik.

“Saya gambarkan untuk konversi motor ini biayanya masih cukup mahal, karena beberpa komponen ini masih impor, ini dibutuhkan kerjasama antar vendor komponen, untuk produksi dalam negeri, saat ini berposes,” sambungnya.

Upaya yang juga tengah dilakukan adalah percepatan pengembangan industri pendukung kendraan listrik dalam negeri, seperti baterai dan lain sebagainya.

“Tentu saja ini menjadi wajib,” kata Puspa.