Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

India Konfirmasi Kematian Cacar Monyet Pertama di Asia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kematian akibat infeksi cacar monyet (monkeypox) telah tercatat untuk pertama kalinya di India. Ini merupakan kematian cacar monyet pertama di Asia.

“Pasien sampai di Kerala pada 21 Juli lalu, namun ia merasakan gejala hingga harus ke rumah sakit 5 hari kemudian,” demikian penjelasan dari Menteri Pendapatan Kerala, K Rajan, dilansir dari CNA, Senin (1/8).

Awalnya, pasien tersebut tidak merasakan gejala utama yang dirasakan seseorang terkena cacar monyet, sehingga kepanikan tidak begitu terasa di rumah sakit.

Namun kemudan, keluarga pasien memberi informasi kepada para nakes bahwa pria tersebut ternyata sudah dinyatakan positif cacar monyet saat berada di Uni Emirat Arab sebelum ia pulang ke India.

Meskipun telah menggemparkan negara-negara Asia, Kementrian Kesehatan India masih belum memberikan komentar resmi terkait kematian cacar monyet pertama di sana.

Belum berkomentar, informasi yang tersiar memastikan saat ini pejabat India masih terus memonitor perkembangan cacar monyet di sana.

Sebagai informasi, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah memasukkan cacar monyet ke dalam kategori darurat kesehatan global.

WHO juga mengimbau para pria yang berhubungan seksual dengan pria untuk tak dulu bergantian pasangan. Hal itu karena mayoritas kasus cacar monyet yang ditemukan saat ini adalah pria yang berhubungan seksual dengan pria lain.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.

PBB : Israel Langgar Perjanjian Global Tentang Hak Anak

Komite Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menuding Israel telah melakukan pelanggaran yang berat, yaitu melanggar perjanjian global tentang melindungi hak anak-anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru