HOLOPIS.COM, PEKANBARU – Mitsubishi New Colt L300 hadir dengan beberapa perubahan, yang paling utama adalah penggunaan mesin yang sebelumnya pakai mesin standar Euro 2. Model terbaru ini sekarang sudah menggunakan mesin diesel yang menggunakan standar emisi Euro 4.

Mitsubishi mengklaim, pergantian mesin ini akan hasilkan gas buang yang lebih ramah lingkungan dan konsumsi bahan bakar lebih irit. Oleh karena itu, pihak Mitsubishi menyarankan untuk menggunakan bahan bakar minyak sesuai dengan standar spesifikasi Euro 4 supaya performa mobil optimal.

“Kami anjurkan konsumen kalau kondisi memungkinkan harus menggunakan bahan bakar Euro 4,” kata Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Tetsuhiro Tsuchida (28/7).

Bahan bakar standar Euro 4 yakni yang memiliki sulfur maksimal atau lebih kecil dari 50 ppm. Jika di Indonesia, yang masuk bahan bakar standar Euro 4 adalah Pertamina Dex.

Namun, jika di wilayah konsumen tidak tersedia bahan bakar standar Euro 4, bisa menggunakan biosolar, tapi dengan catatan harus memperhatikan perawatan berkala. Hal tersebut dikarenakan mesin catalytic converter harus bekerja lebih keras menyaring bahan bakar.

“(Perawatan berkala) harus dilakukan dengan benar. Jadi, jika ada indikasi bagian harus diganti, itu yang dilakukan,” kata Tsuchida.

Untuk biaya perawatan, konsumen tidak perlu khawatir. Karena suku cadang yang digunakan masih sama dengan model yang menggunakan mesin diesel Euro 2.

Perawatan mobil secara rutin diyakini lebih murah dibandingkan baru melakukannya ketika mobil sudah terlanjur rusak. New Colt L300 paling tidak perlu perawatan berkala setiap dua bulan sekali supaya mobil bisa beroperasi maksimal.