Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenkes Luncurkan Platform Layanan Data Kesehatan ‘SATUSEHAT’

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI resmi meluncurkan platform transformasi dan integrasi data layanan kesehatan nasional bernama ‘SATUSEHAT’.

Menkes RI, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, peluncuran platform SATUSEHAT ini merupakan upaya pemerintah dalam menghadirkan layanan kesehatan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Hari ini secara resmi kita memperkenalkan SATUSEHAT sebagai nama Indonesia Health Services yang merupakan platform integrasi dan standarisasi layanan data kesehatan di Indonesia,” kata Budi di Hotel Raffles Jakarta, Selasa (26/7).

Sebagai informasi, SATUSEHAT merupakan sebuah platform konektivitas data, analisis, dan layanan untuk mendukung integrasi antar aplikasi dan fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes).

Nantinya melalui platform ini, pasien tidak perlu berulang-ulang mengisi formulir baru saat berpindah fasyankes.

Selain itu, pasien juga bisa mendapatkan informasi mengenai kondisi kesehatannya secara lebih transparan, karena resume rekam medis di rumah sakit dicatat dan direkam secara digital dengan aman melalui persetujuan (consent) pemilik data.

Menurut Budi, hadirnya platform layanan data ini sejalan dengan upaya Kemenkes dalam mentransformasikan PeduliLindungi menjadi aplikasi kesehatan masyarakat.

“Jadi manfaatnya akan semakin berkembang dari yang semula untuk penanganan pandemi bertransformasi menjadi lebih luas lagi,” jelas Menkes.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru