Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizInflasi Inggris Capai 9,4 Persen, Terparah Sepanjang 4 Dekade

Inflasi Inggris Capai 9,4 Persen, Terparah Sepanjang 4 Dekade

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kantor Statistik Nasional Inggris melaporkan tingkat inflasi pada Juni 2022 tercatat sebesar 9,4% secara tahunan (year-on-year/yoy). Kenaikan inflasi ini merupakan yang tertinggi dalam 4 dekade terakhir.

Kenaikan inflasi ini salah satunya dipicu oleh kenaikan tajam pada sektor pangan dan energi yang terparah sejak tahun 1982.

“Menunjukan bahwa tingkat CPI akan bertahan lebih tinggi sekitar tahun 1982, di mana perkiraan berkisar dari hampir 11% pada Januari hingga sekitar 6,5% pada bulan Desember,” bunyi laporan Kantor Statistik Nasional Inggris seperti dikutip dari CNBC Internasional, Rabu (20/7).

Secara bulanan, inflasi inggris pada Juni 2022 tercatat sebesar 0,8% month-to-month (mtm), lebih tinggi dari bulan sebelumnya yang hanya tercatat sebesar 0,7% month-to-month (mtm).

Bank Sentral Inggris atau Bank Of England (BoE) berpotensi menaikan suku bunga.

Gubernur Bank Sentral, Andrew Bailey mengatakan bahwa saat ini komite kebijakan moneter tengah mempertimbangkan kenaikan suku bunga sebesar 50 basis poin pada pertemuan Agustus mendatang. 

“Dari perspektif kebijakan moneter, saat ini merupakan tantangan yang besar bagi rezim kebijakan moneter atas target inflasi yang telah kita lihat dalam seperempat abad sejak MPC dibentuk pada tahun 1997,” kata Bailey.

Dia menegaskan, inflasi yang terjadi saat ini bukan berarti menjadi kegagalan pemerintah. Namun, kegagalan itu akibat dari  pemangku kebijakan yang dibentuk di masa sulit ini tengah diuji nilainya.

“Itu dengan tegas bukan tidak berarti rezim telah gagal. Jauh dari itu. Rezim yang dibentuk saat ini. Rezim yang didirikan atas independensi bank sentral sekarang lebih penting dari sebelumnya. Nilai rezim manapun tengah diuji di masa-masa sulit, bukan di saat yang menyenangkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Bank Sentral Inggris memperkirakan inflasi akan terus berjalan hingga puncaknya pada akhir tahun mencapai 11%. Berdasarkan Kantor Statistik Nasional Inggris menunjukan bahwa pada hari Selasa, tercatat 3 bulan sebelum Mei terjadi penurunan upah paling tajam sejak 2001. Hal tersebut dikarenakan kenaikan gaji gagal mendekati angka inflasi.

Perlu diketahui, angka inflasi di Inggris merupakan yang paling parah di antara negara G7 bahkan sebelum terjadinya kenaikan sektor energi secara besar-besaran pada Oktober tahun lalu. Negara G7 meliputi Inggris, Amerika Serikat, Italia, Jerman, Kanada, Perancis, dan Jepang.

Selain itu, Bank Sentral Inggris telah menaikan suku bunga 5 kali dengan kenaikan 25 basis poin secara berturut-turut untuk mengendalikan inflasi.

 

 

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Bahan Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan

Harga bahan pangan secara nasional di tingkat pedagang eceran terpantau mengalami kenaikan pada akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...