Aturan Ganti Rugi Ternak Mati Akibat PMK Segera Terbit Pekan Ini

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pemerintah melalui Satgas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) akan segera menerbitkan aturan mengenai ganti rugi hewan ternak yang mati akibat PMK.

Koordinator Tim Pakar Satgas PMK, Wiku Adisasmito mengatakan, aturan tersebut akan segera diterbitkan pada pekan ini.

“Kemudian besaran bantuan disesuaikan dengan jenis ternaknya, yaitu sapi, kerbau, kambing, domba, dan babi, dengan nominal maksimal sebesar Rp 10 juta,” kata Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (19/7).

Wiku menuturkan, pemerintah dalam hal ini akan merinci peraturan mengenai bantuan bagi peternak yang hewan ternaknya mati atau harus dipotong karena terserang PMK.

“Pemerintah akan segera mengeluarkan keputusan tersebut,” kata dia.

Adapun per 18 Juli 2022, sebaran penularan wabah PMK sudah semakin luas. Bahkan, seluruh provinsi di pulau Jawa dan sebagian provinsi di Sumatera dikategorikan dalam zona merah.

Sementara untuk zona kuning yang tingkat penularan PMK kurang dari 50 persen meliputi provinsi Lampung, Kalimantan Barat, dan Sulawesi Selatan.

Kemudian Provinsi Papua, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku masih berada di zona hijau, zona tanpa kasus penularan PMK pada ternak.

Pemerintah terus berupaya menekan penularan PMK dengan melakukan biosekuriti, pemeriksaan, vaksinasi, pengobatan, dan pemotongan bersyarat ternak yang terserang PMK.

Indoanime

Rekomendasi :

Baca Ini Juga

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek, Jumat 17 Mei 

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi.

BMKG Ramal Cuaca Jakarta Bakal Cerah Berawan Seharian

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan informasi terkini perihal prakiraan cuaca Jakarta pada hari ini, Jumat 17 Mei 2024.

Lokasi SIM Keliling di Jakarta, Jumat 17 Mei

Jadwal dan lokasi layanan SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 17 Mei 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

Perbedaan Gula Putih dan Gula Semut, Mana yang Lebih Sehat?

Perbedaan gula semut dan gula pasir yang memiliki kandungan berbeda serta dampak beragam untuk tubuh.

Prabowo Subianto Sampaikan Duka Mendalam Atas Bencana Sumbar

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menyampaikan turut berduka atas bencana banjir bandang yang melanda beberapa daerah di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029
Selamat Hari Raya Idulfitri 1445 H

Berita Terbaru

Terpopuler

Gosip Hari Ini Syahrul Yasin Limpo Berstatus Tersangka

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Saat ini, tim penyidik dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sedang melakukan pengusutan terkait dengan kasus dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi...