HOLOPIS.COM – JAKARTA – Posisi Google Search dan Maps mulai terancam karena saat ini anak muda lebih memilih TikTok dan Instagram untuk mendapatkan informasi.

Dilansir dari Techcrunch, Senin (18/7), hasil penelitian yang dilakukan Google menunjukan anak-anak muda saat ini lebih pilih ‘googling’ di TikTok dan Instagram ketimbang lewat Search ataupun Google Maps.

Responden dalam penelitian tersebut adalah pengguna Amerika Serikat yang berusia 18 hingga 24 tahun.

“Dalam penelitian kami, hampir 40 persen anak muda ketika mereka mencari tempat untuk makan siang, mereka tidak membuka Google Maps atau Search. Mereka justru mencarinya ke TikTok atau Instagram,” ujar Senior Vice President Google, Prabhakar Raghavan.

Pencarian informasi yang dilakukan para anak muda itu lebih cendurung melihat konten dengan cara baru yang lebih mendalam, dibandingkan harus mengetik sesuai kata kunci.

Dari hasil temuan tersebut, menunjukan kaum muda lebih suka pencarian dan penemuan dengan visual lebih kaya. Raghavan menyebutkan, banyak pengakuan dari anak muda yang tidak pernah melihat peta dalam bentuk kertas.

Sementara Google Maps sendiri menampilkan sebuah peta digital lewat smartphone.

“Ini tidak memenuhi harapan pengguna muda dan merupakan pengalaman yang salah untuk ditawarkan ke mereka. Kami harus menghadirkan harapan yang benar-benar baru, dan itu membutuhkan teknologi yang sama sekali baru,” jelasnya.