HOLOPIS.COM, JAKARTA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta meminta warga yang tinggal di daerah pesisir Jakarta Utara untuk berhati-hati terjadinya potensi banjir rob.

Tak tanggung-tanggung, potensi banjir rob itu akan berlangsung sepekan kedepan hingga Minggu (17/7).

“Berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorolgi Kelas I Maritim Tanjung Priok, waspada peringatan dini Banjir Pesisir (ROB) wilayah Jakarta Utara,” tulis laman Instagram @bpbddkijakarta, seperti dikutip Senin (11/7).

“Saat ini bumi memasuki fase bulan purnama yang bersamaan dengan Perigee (jarak terdekat bulan ke bumi) berpotensi menyebabkan peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum,” tulisnya lagi.

Menurut BPBD DKI, pesisir DKI Jakarta di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Marunda dan Kepulauan Seribu berpotensi banjir Rob.

BPBD pun mengimbau masyarakat pesisir Jakarta untuk waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

Selanjutnya, warga sekitar diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman: bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Jika menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, segera hubungi Call Center Jakarta Siaga 112.

“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut dan memperhatikan peringatan dan informasi cuaca maritim dari BMKG,” pungkasnya.