HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi dikabarkan akan segera melakukan pertemuan dengan Presiden RRT Xi Jinping pada akhir Juli mendatang.

Hal tersebut terungkap dalam unggahan di akun Instagram pribadi milik Menko Marinves Luhut Binsar Pandjaitan. Dimana dalam unggahannya tersebut menampilkan dirinya bersama Menlu RI Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri RRT, Mr. Wang Yi.

Rencana kunjungan Jokowi ke China ini menurut Luhut, bisa terlaksana dengan baik apabila sinergi Global Maritime Fulcrum – Belt and Road Initiative (GMF-BRI) yang merupakan kebijakan Indonesia dan Tiongkok, bisa segera diperpanjang.

“Kesepakatan MoU GMF-BRI tersebut bisa segera diperpanjang sehingga dapat di-sign oleh Presiden Jokowi saat kunjungan beliau ke Tiongkok yang rencananya dilaksanakan pada akhir Juli 2022,” tulis Luhut seperti dikutip, Senin (11/7).

Luhut juga menyatakan bahwa dirinya mengapresiasi General Administraion of Customs China (GACC) yang telah membantu memfasilitasi industri perikanan serta produk dalam negeri Indonesia untuk bergerak kembali pasca pandemi covid-19.

“Saya yakin bantuan ini akan semakin memperkuat kerjasama perdagangan Indonesia dan Tiongkok setiap tahunnya,” imbuhnya.