HOLLOPIS.COM, JAKARTA – Ukraina meminta negara sekutu untuk mengirimkan lebih banyak persenjataan demi melawan pasukan Rusia di wilayah Donbas, demikian dilansir dari Reuters, Sabtu (9/7).

“Pasukan Rusia akan menguasai wilayah Donbas. Mereka tidak akan mundur dari wilayah pantai selatan. Mau tidak mau, Ukraina harus mengajukan perdamaian atau kalah,” kata Duta Besar Rusia untuk Inggris, Andrei Klein.

Sementara itu, di garis depan Donbas, para pejabat Ukraina melaporkan bahwa Rusia telah melakukan penembakan kepada kota-kota dan desa-desa.

Tak peduli dengan berbagai sanksi dari negara-negara Barat, Rusia belum menunjukkan adanya penarikan pasukan dari wilayah Ukraina.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, sanksi bertubi yang kerap kali diberikan kepada negaranya hanya akan menyebabkan kehancuran dan kenaikan harga energi dunia.

Adu mulut pun sempat terjadi di pertemuan para menlu di Sherpa G20 Labuan Bajo. Menlu Rusia Sergei Lavrov tak setuju dengan para menteri negara Barat yang mendesak Rusia untuk mengizinkan Kiev mengekspor biji-bijian secara global.

Pemblokiran jalur itu telah merusak rantai makanan global dan mengurangi pasokan makanan.