HOLOPIS.COM, TARAKAN – BKM Putra Senjai Jaya 2 yang dikabarkan sempat hilang kontak di perairan Tarakan dan Bunyu, Kalimantan Utara akhirnya berhasil ditemukan petugas Bakamla RI.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan Puspen TNI, Bakamla RI melalui Unsur Patroli KN. Singa Laut 402 yang tergabung dalam tim SAR gabungan berhasil evakuasi kapal tersebut pada Jumat (8/7).

Kapal itu sendiri diketahui hilang kontak sejak Minggu (3/7). Atas kejadian tersebut, Basarnas Tarakan juga meneruskan ke Kantor Kamla Zona Maritim Tengah.

Mendapat laporan tersebut, Kepala Kantor Kamla Zona Maritim Tengah Laksma Bakamla Hanarko Djodi Pamungkas memerintahkan KN. Singa Laut-402 yang dikomandani Letkol Bakamla Hermawan Basori untuk melaksanakan SAR.

Pencarian kemudian difokuskan di wilayah Perairan Tarakan dan Bunyu dimana tempat lokasi terakhir KM. Putra Senjai Jaya 2 melakukan komunikasi. Selain itu, petugas juga melakukan komunikasi pada kapal-kapal di sekitar tempat kejadian.

Proses pencarian membuahkan hasil ketika Putra Senjai Jaya 2 akhirnya ditemukan oleh Kapal Tugboat Berau Coal 59 pada Kamis malam 7 Juli 2022. Bahkan, di informasikan seluruh personel dalam keadaan selamat.

KN. Singa Laut-402 langsung menuju titik penjemputan dan melakukan evakuasi seluruh anak buah kapal untuk kemudian diantar ke Tarakan.