HOLOPIS.COM, JAKARTA – Sejumlah perusahaan penyedia bahan bakar minyak (BBM) belakangan ini melakukan penyesuaian harga BBM yang dijual di SPBU-nya. Hal ini sebagai respon atas harga minyak dunia yang mengalami kenaikan hingga mencapai US$ 100-120 per barrel.

Seperti diketahui, Pertamina bukan satu-satunya perusahaan yang menjalankan bisnis jual beli BBM di Indonesia. Ada juga perusahaan lain seperti Shell dan Vivo. Lantas berapa harga BBM yang Pertamina, Shell hingga Vivo?

Harga BBM Shell
Shell merupakan salah Shell, salah satu penyedia BBM di Indonesia baru-baru ini menaikkan harga BBM hingga ke level Rp19.990 per liter.

Mengutip dari laman resmi Shell, perusahaan berlogo kerang ini sekarang mematok harga BBM jenis Shell Super di angka Rp18.500 per liter untuk wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Padahal sebelumnya, BBM jenis tersebut dijual seharga Rp17.900 per liter.

Sedangkan harga BBM Shell Super di Jawa Timur dan Sumatera Utara tidak mengalami perubahan, yakni tetap di harga Rp17.500 per liter.

Selanjutnya untuk harga BBM jenis Shell V Power yang dijual di SPBU Jakarta, Banten dan Jawa Barat tercatat mengalami kenaikan, dari yang semula Rp19.150 per liter menjadi Rp19.990 per liter. Sementara harga di wilayah lain, seperti Jawa Timur dan Sumatera Utara masih sama, yakni Rp18.500 per liter.

Kemudian khusus untuk BBM jenis Shell V Power Diesel di Jakarta, Banten, Jawa Barat tidak ada kenaikan alias tetap Rp 19.460 per liter.

“Harga yang tercantum merupakan harga maksimum BBM di wilayah tersebut dengan mengacu pada peraturan pemerintah yang berlaku,” tulis keterangan di situs Shell.

Harga BBM BP AKR
Perusahaan yang memiliki SPBU dominan warna hijau ini mematok harga BBM mereka beroktan 90 atau jenis BP 90 seharga Rp15.800 per liter, kemudian untuk jenis BP 92 Rp15.990 per liter. Sementara untuk BBM termahalnya, yakni jenis BP 95 dan BP Diesel dibanderol seharga Rp17.990 per liter.

Harga BBM Vivo
Berbeda dengan perusahaan lainnya, Vivo mematok harga untuk BBM jenis Revvo 89 di level Rp12.400 per liter. Lalu untuk Revvo 92 Rp15.900 per liter dan Revvo 95 Rp17.900 per liter.

Harga BBM Pertamina
Harga BBM jenis Pertamax tercatat di level Rp12.500 per liter untuk wilayah DKI Jakarta , Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sedangkan untuk jenis Pertamax Turbo dijual Rp14.500 per liter untuk wilayah DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Kemudian jenis Pertamina Dex Rp13.700 per liter untuk wilayah DKI Jakarta , Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.