HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon menyampaikan ucapan bela sungkawa atas meninggalnya Menteri Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.

“Turut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya Menpan-RB Tjahjo Kumolo,” kata Fadli Zon, Jumat (1/7).

Ia berdoa agar almarhum Tjahjo Kumolo mendapatkan tempat terbaik di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

“Semoga almarhum mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ucapnya.

Kemudian, anggota Komisi I DPR RI tersebut mengaku sangat kenal dengan sosok Tjahjo Kumolo. Bahkan ia mengenal mantan Sekjen DPP PDI Perjuangan itu sejak 30 tahun silam.

“Saya mengenal Mas Tjahjo sejak 30 tahun lalu sebagai Ketum KNPI dan anggota DPR,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia pun secara pribadi bisa memberikan penilaian terhadap sosok Tjahjo sepanjang hidupnya. Di mana politisi PDIP itu adalah orang yang sangat baik, rendah hati dan memiliki jiwa yang sama dengan dirinya terhadap kebudayaan.

“Seorang pribadi yang rendah hati, mudah berdialog dan pecinta budaya,” jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Tjahjo Kumolo dikabarkan tengah mengidap penyakit infeksi pada paru-parunya. Akibat penyakit tersebut, ia pun harus istirahat dari tugasnya menjadi Menteri PAN RB.

Sepanjang sakit itu, Tjahjo dirawat di Rumah Sakit Abdi Waluyo di Menteng, Jakarta Pusat. Perawatan medis itu dijalani demi proses pemulihan. Bahkan Tjahjo sempat dikabarkan kondisinya membaik.

Namun pada hari ini, Jumat 1 Juli 2022 pukul 11.20 WIB, ia menghembuskan nafas terakhirnya. Tjahjo Kumolo meninggal dunia di usia ke 64 tahun.