HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Krearif (Menparekraf) Sandiaga Uno memberikan instruksi tegas kepada tour leader agar mengutamakan keamanan, kenyamanan, dan keselamatan pengguna bus pariwisata untuk menghindari kecelakaan.

“Terapkan protokol kesehatan yang sangat disiplin dalam memilih bus pariwisata dan pastikan pengemudi dalam keadaan tidak ngantuk, keadaan sehat, dan seratus persen fit untuk memandu perjalanan pariwisata, itu tugas utama tour leader. Jadi ini saya instruksikan langsung,” kata Sandiaga Uno dalam acara Kemenparekraf Weekly Press Briefing, Kamis (30/6).

Instruksi tersebut disampaikan karena beberapa kali marak terjadi kecelakaan bus pariwisata yang membuat Sandiaga Uno resah.

Sebelumnya, terjadi kecelakaan bus di Bali yang menewaskan seorang Ibu dan 8 orang luka-luka. Selain di Bali, Menparekraf juga mengucapkan bela sungkawa atas kecelakaan bus yang terjadi di Tasikmalaya yang menewaskan 4 orang.

Menparekraf juga menginstrusikan masyarakat untuk lebih teliti dalam memilih bus pariwisata serta memilih bus yang sudah terdaftar di Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Perlu diketahui, banyak kecelakaan terjadi karena perusahaan moda transportasi atau perusahaan otobus (PO) tidak terdaftar secara sah.

Oleh karena itu, Kemenparekraf melakukan koordinasi dengan Kemenhub untuk menerapkan standar bus pariwisata melalui uji kelayakan bus pariwisata dan melaksanakan pelatihan peningkatan sumber daya manusia serta kesiapan para pelaku wisata.