HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Ukraina, Volodymyr Oleksandrovych Zelenskyy menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atas kunjungan Indonesia ke negaranya.

Hal ini disampaikan oleh Zelenskyy di dalam pidato penyambutannya. Bahkan ia menyebut bahwa Indonesia adalah negara pertama di Benua Asia yang berkunjung ke Ukraina sejak invasi Rusia-Ukraina.

“Ini merupakan kunjungan pertama oleh Presiden Indonesia ke Ukraina dan ini adalah kunjungan pertama pemimpin Asia yang sejak awal dari invasi Rusia ke Ukraina,” kata Zelensky, Rabu (29/6).

Di dalam sambutannya itu, Zelenskyy juga menyampaikan bahwa Rusia telah memblokade ekspor dari Ukraina. Kondisi ini juga membuat ancaman dan krisis di sektor pangan, tidak hanya di dunia saja bahkan di Rusia sendiri.

Dan, ia juga menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi atas kunjungannya kali ini. Ia mengaku sangat senang dengan kunjungan diplomatik yang dilakukan oleh kepala negara sahabat itu.

“Saya menyampaikan terima kasih atas dukungan Presiden atas peran serta kedaulatan, serta integritas teritorial Ukraina,” tambahnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi dan kondisi Ukraina saat ini.

“Saya sampaikan ke presiden Zelenskyy, bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina,” kata Presiden Indonesia Jokowi.