JAKARTA, HOLOPIS.COM – Zainudin Amali selaku Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI secara resmi menunjuk Andi Herman menjadi Chef de Mission (CdM) untuk kontingen Indonesia di perhelatan ASEAN Para Games 2022 pada 30 Juli sampai 6 Agustus 2022 mendatang.

Menpora Amali menunjuk Andi Herman sebagai CdM kontingen Indonesia di ASEAN Para Games 2022 atas usulan dari Ketua Umum National Paralympic Committe (NPC) yakni Senny Marbun.

“Saya sudah mengeluarkan keputusan atas usulan dari Ketum NPC (National Paralympic Committee) bahwa yang menjadi Chef de Mission kontingen Indonesia adalah bapak Andi Herman,” ujarnya.

Hal tersebut disampaikannya langsung kepada awak media dalam konpers setelah memimpin rakor dengan kementerian dan lembaga terkait persiapan penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022 di Auditorium Wisma Kemenpora, Selasa (28/6).

Penunjukan Andi Herman yang saat ini menjabat sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah dengan alasan karena dianggap memiliki pengalaman, di mana ia pernah menjadi CdM kontingen Indonesia saat Paralimpiade Tokyo 2020 lalu.

“Jadi kita persiapkan kembali pak Andi Herman, kebetulan sekarang beliau adalah Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah,” ujar Menpora Amali.

“Karena kegiatan dilaksanakan di sana (Suarakarta). Beliu menjadi CdM waktu di Jepang (Paralimpiade) dan anak-anak (atlet paralimpik) sangat akrab dengan dengan beliau,” lanjutnya.

Sebagai informasi tambahan, Indonesia di bawah komando Andi Herman pada saat Paralimpiade Tokyo 2020 lalu cukup memiliki prestasi yang mentereng, di mana ia sukses membawa Indonesia mengemas sembilan medali, dua di antaranya medali emas, tiga perak dan empat medali perunggu.

Tak hanya itu, hasil tersebut juga membawa kontingen Indonesia menduduki peringkat ke-43 dunia di gelaran Paralimpiade Tokyo 2020.