Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Kapolda Ingin Street Race Digelar di Sirkuit Formula E, Tapi Sahroni Ogah Beri Izin

JAKARTA, HOLOPIS.COM Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Muhammad Fadil Imran punya rencana untuk menggelar balapan bagi pembalap jalanan “street race” di sirkuit Formula E yang ada di kawasan Ancol, Jakarta Utara.

Ia menilai sirkuit Formula E, merupakan lokasi yang lebih nyaman bagi pembalap. Hal itu yang menjadi alasan dirinya ingin menggelar street race di sirkuit Formula E tersebut, selain beberapa lokasi yang akan juga dijadikan lokasi balapan motor jalanan.

“Di BSD ada lokasi, di Bekasi ada Meikarta, di Jakarta ada Ancol. Mudah-mudahan nanti mimpi saya yang di Ancol, yang kemarin Formula E bisa juga dipakai untuk street race,” ujarnya saat membuka street race di Cikarang (18/6).

Namun, Panitia Formula E mengatakan kemungkinan tak memberi izin sirkuit itu dipakai jika street race yang dimaksud ialah balapan motor atau roda dua.

“Untuk roda dua kemungkinan tidak kita berikan fasilitasnya karena sudah ada penilaian dari FIA bahwa sirkuit itu hanya untuk kendaraan roda empat,” kata Ketua Pelaksana Formula E, Sahroni (24/6).

Ia pun menjelaskan, bahwa hal itu mengacu pada regulasi otomotif dunia atau FIA. Meski begitu, dia tetap mengapresiasi keinginan Irjen Fadil mengakomodir hobi masyarakat.

“Sebenarnya kita appreciate juga terhadap kapolda yang ingin juga memberikan kesempatan kepada roda dua. Tapi ini ada regulasi dari homologasi FIA, ada grade 3, yang memang itu sirkuit untuk kendaraan roda empat. Jadi kita tidak berlakukan roda dua untuk sirkuit tersebut,” jelasnya.

Meski tak diizinkan di sirkuit Formula E, Irjen Fadil tak surut dalam memfasilitasi hobi anak muda dalam adu kecepatan memacu sepeda motor. Ia akan memanfaatkan lokasi yang sudah ada untuk gelaran street race.

“Polda Metro Jaya tunduk kepada regulasi FIA,” kata Fadil (25/6).

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

China Open 2024 : Fajar/Rian Diganyang Malaysia!

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto harus terhenti langkahnya pada perempat final China Open 2024, usai takul di tangan wakil Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Jack Miller Balapan di MotoGP 2025 Bersama Pramac Pakai Motor Yamaha

Jack Miller akan ikut dalam balapan MotoGP 2025, setelah resmi menandatangani kontrak dengan tim Pramac Racing Yamaha. Durasi kontrak yang ditawarkan, yakni selama satu musim.

China Open 2024 : Jonatan Christie Tembus ke Semifinal Usai Sikat si Kuda Hitam

Jonatan Christie berhasil melangkah ke babak semifinal China Open 2024, usai sukses mengandaskan perlawanan si kuda hitam asal tuan rumah Lei Lan Xi di babak perempat final.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru