Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Jokowi Serahkan Kepemimpinan ke Maruf Amin

JAKARTA, HOLOPIS.COM Selama Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan lawatan ke beberapa negara di Eropa, Indonesia akan dipimpin oleh Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin.

“Selama saya ke luar negeri, kepemimpinan akan diserahkan ke wakil presiden,” kata Jokowi sebelum berangkat ke Eropa, Minggu (26/6).

Itu artinya, jalannya pemerintahan dan sejumlah rapat penting akan dipimpin langsung oleh Wapres.

Menurut Juru Bicara (Jubir) Wapres, Masduki Baidlowi, tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Wapres. Karena, kondisi yang sama sudah sering dilakukan selama Presiden Jokowi bertugas ke luar negeri.

“Tidak ada persiapan khusus, karena sudah beberapa kali Presiden bepergian keluar negeri dan Wakil Presiden secara otomatis akan menjadi pimpinan nasional pengganti Presiden,” ujar Masduki Baidlowi.

Masduki menjelaskan, rutinitas yang akan dilaksanakan Wapres antara lain memimpin rapat koordinasi dengan para menteri koordinator dan kementerian terkait untuk membahas sejumlah permasalahan.

“Hal yang rutin dilakukan adalah rapat koordinasi dengan para menteri koordinator dan kementerian terkait masalah yang dibahas. Ada juga rapat terbatas yang selama ini dijalankan oleh Presiden, lantas dijalankan oleh Wakil Presiden,” jelas Masduki.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi diagendakan menuju Jerman untuk menghadiri KTT G7. Di negara anggota Uni Eropa itu, Jokowi akan mengangkat wacana perdamaian Ukraina dan Rusia.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru