Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Satu Warga Meninggal Dunia Akibat Terseret Banjir Bandang di Kabupaten Bogor

BOGOR, HOLOPIS.COMBencana banjir bandang yang terjadi di Desa Cibunian, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat menyebabkan satu orang warga meninggal dunia.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, jenazah korban ditemukan oleh tim evakuasi gabungan dalam kondisi tertindih material setelah diduga terseret arus banjir bandang.

“Sedangkan satu warga yang masih dinyatakan hilang hingga saat ini masih dalam pencarian,” kata Abdul, Kamis (23/6).

Abdul kemudian seperti biasanya tidak menjelaskan mengenai identitas baik dari jenazah maupun korban yang hilang akibat banjir bandang yang terjadi pada Rabu (22/6) lalu.

Abdul kemudian menjelaskan, sedikitnya ada 20 KK terdampak dan 52 KK/172 jiwa terpaksa harus mengungsi. Bencana banjir bandang dan tanah longsor itu juga menyebabkan 18 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak ringan dan 4 jembatan putus.

Korban banjir bandang di Kabupaten Bogor
Korban banjir bandang di Kabupaten Bogor sedang dievakuasi oleh petugas, Gambar: BNPB.

Tim gabungan pun saat ini harus berupaya melewati lereng sungai yang mengalami longsor untuk mencapai titik lokasi permukiman warga terdampak. “Sulitnya medan yang dilalui menjadi kendala dalam proses evakuasi dan kaji cepat,” imbuhnya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hari ini mengeluarkan peringatan dini cuaca yang mana hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi terjadi di wilayah Kabupaten Bogor hingga Jumat (23/6).

“Kami mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan seperti normalisasi sungai, susur sungai, pembersihan sungai dari sumbatan sampah, sosialisasi kepada masyarakat dan memantau perkembangan cuaca secara berkala,” imbaunya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tips Selamatkan Diri dari Banjir Bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang dapat terjadi secara tiba-tiba dan memiliki dampak yang sangat merusak.

PT KAI Berikan Diskon Tiket 20% di Acara LPS Travel Fair 2024

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI...

Pemuda Dibekasi Diduga Setubuhi Anak Dibawah Umur Dengan Modus Konten Tiktok

HOLOPIS.COM, BEKASI - Pemuda 23 tahun berinisial 'FR' ditetapkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru