JAKARTA, HOLOPIS.COM – PSSI melalui Komite Disiplin (Komdis) dikabarkan segera melakukan investigasi terkait dengan insiden yang menelan dua nyawa bobotoh di Stadion GBLA, Jumat (17/6) kemarin. Terkait hal ini, Persib Bandung pun diambang sanksi.

Dilansir dari situs resmi PSSI Minggu (19/6), Erwin Tobing selaku Ketua Komdis PSSI mengatakan bahwa saat ini kita tak bisa berandai-andai soal peristiwa ini.

“Kami segera melakukan investigasi kenapa ini bisa terjadi. Ini yang akan kita dalami. Saat ini kita tidak bisa berandai-andai soal peristiwa ini,” ujar Erwin.

Erwin Tobing menambahkan bahwa jika melihat situasi Stadion GBLA kemarin penuh, maka dinilai itu over capacity.

“Kalau kita melihat stadion yang penuh, amat mungkin itu over capacity. Lalu di mana kesalahannya? Apakah panitia mencetak tiket tidak sesuai dengan regulasi, atau panpel yang tidak siap. Semua akan kita dalami,” tambahnya.

Dapat diketahui bersama bahwa pihak kepolisian kabarnya hanya mengizinkan 15 ribu penonton saja. Namun jika dilihat dari kenyataannya, dinilai berbeda dan dianggap melebihi regulasi yang ditentukan.

Terlebih, sebelum gelaran Piala Presiden 2022 ini dimulai, PSSI dan PT LIB telah sepakat bahwa kehadiran penonton dibatasi di kisaran 75 persen dari 100 persen kapasitas yang tersedia.

Lanjut keterangannya, Erwin Tobing menyampaikan PSSI dalam hal ini akan bertindak dengan tegas dan meminta seluruh pihak untuk sabar menunggu hasil investigasi PSSI bersama pihak kepolisian.

“PSSI akan bertindak tegas. Saya pastikan itu. Apalagi ini mengakibatkan dua nyawa melayang,” katanya.

“PSSI akan mendukung sepenuhnya investigasi yang dilakukan pihak kepolisian. Nantinya jika semua sudah terjawab penyebab semua ini, pasti akan kita buka ke publik,” pungkas Erwin Tobing.