JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dikabarkan telah mengirimkan obat-obatan yang disiapkan keluarganya sendiri untuk melawan penyebaran penyakit gastrointestinal yang misterius.

“Sekretaris Jenderal Kim Jong Un yang terhormat telah mengirimkan obat-obatan yang disiapkan oleh keluarganya ke Kota Haeju, Provinsi Hwanghae Selatan,” demikian diumumkan oleh media milik Korut, KCNA, Minggu (19/6).

KCNA megatakan bahwa epidemi ini harus dihentikan sedini mungkin.

Penyebaran penyakit ‘baru’ di Korea Utara ini telah menyebabkan kesulitan yang semakin dalam, ditambah Korut yang sedang memerangi kelangkaan makanan serta infeksi Covid-19.

Selain mengumumkan obat-obatan yang akan dikirimkan oleh keluarga Kim Jong Un, KCNA juga mengumumkan bahwa warga Korea Utara sangat bersyukur atas bantuan dari Kim Jong Un.

“Mereka memuji dengan hangat sosok Kim Jong Un yang mendedikasikan dirinya untuk masyarakat,” kata KCNA.

Saat ini, pekerjaan desinfeksi juga sedang dilakukan, termasuk limbah, untuk memastikan keamanan air minum dan air rumah tangga.

Sebagai informasi, Korea Utara baru saja mengakui negaranya telah tertular Covid-19 pada tahun ini, 3 tahun setelah virus asal China itu melanda dunia.

Terkait penyakit misterius yang sedang melanda Korea Utara, Korea Selatan memiliki kecurigaan bahwa penyakit itu adalah kolera atau tifus.