Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Mahfud MD Ingatkan Pj Kepala Daerah soal Paham Khilafah

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menko Polhukam RI,Mohammad Mahfud MD mengingatkan para penjabat (pj) kepala daerah soal potensi munculnya paham khilafah yang mengancam ideologi Pancasila.

Menurutnya, ide khilafah ini mulai muncul di Indonesia meski penyebarannya masih relatif kecil.

“Sekarang ini terasa ada penurunan kesadaran masyarakat tentang ideologi Pancasila. Misalnya neo-komunisme dan ramainya sistem khilafah. Khilafah sebagai sistem pemerintahan sekarang mulai muncul meski kecil,” kata Mahfud, Kamis (16/6).

Mahfud mengatakan, bahwa setiap warga negara Indonesia boleh saja menyampaikan aspirasi, asal aspirasi tersebut tetap pada koridor yang telah ditentukan.

Ia pun menegaskan, bahwa ideologi dan konstitusi yang telah ditetapkan negara Indonesia merupakan hal yang harus ditaati oleh siapapun.

“Ideologi dan konstitusi yang sudah kesepakatan itu harus ditaati oleh siapapun. Tak boleh melakukan yg merongrong keutuhan ideologi dan teritori kita,” ucap dia.

Mahfud menilai, pemerintah akan kerepotan jika terus menerus bersikap toleran terhadap berbagai perbedaan ideologi ini. Untuk itu, ia berharap agar para pj kepala daerah bisa mengatasi persoalan tersebut.

“Adapun orang punya ide salurkan lewat cara terbuka, misal lewat parpol. Usul yang resmi. Kekhawatiran kita kalau terus menerus toleran terhadap perbedaan ideologi kita akan kerepotan. Karena itu tugas saudara mengatasi ini,” kata dia.

Kemudian di sisi lain, Mahfud juga berpesan agar para pj kepala daerah mewaspadai politik identitas jelang Pemilu 2024. Dikhawatirkan, politik identitas ini dapat membentuk polarisasi di tengah masyarakat.

“Polarisasi yang mengarah pada SARA dalam pemilu 2024. Ini bisa beri dampak pada masyarakat jadi terkotak-kotak dan terbelah,” ujar Mahfud.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru