Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pemotor Diimbau Tak Pakai Sandal Jepit Saat Berkendara

JAKARTA, HOLOPIS.COMKakorlantas Polri, Irjen Pol Firman Santyabudi mengimbau para pengendara sepeda motor untuk tidak mengenakan sandal jepit saat berkendara.

Imbauan itu disampaikan guna meminimalisir risiko yang dialami pengendara sepeda motor. Sebab menurutnya, pemakaian sandal jepit tak memberikan perlindungan maksimal bagi para pengendara.

“Tidak ada perlindungan pakai sandal jepit itu, karena kalau sudah pakai motor, kulit itu bersentuhan langsung dengan aspal, ada api, ada bensin, ada kecepatan, makin cepat makin tidak terlindungi kita. Itulah fatalitas,” kata Firman, Senin (13/6).

Firman mengakui bahwa sepatu maupun jaket pelindung memang harus dibeli dengan uang. Namun, biaya yang harus dikeluarkan tak sebanding jika taruhannya adalah nyawa.

“Lebih mahal mana dengan nyawa kita, tolong itu juga dijadikan pertimbangan sehingga untuk keluar sudah siap dengan perlengkapan yang ada. Ini gunanya helm standard, pakai sepatu. Masih banyak yang pakai sandal menggampangkan gitu saja,” ujarnya.

Ia lalu meminta kepada seluruh aparat kepolisian untuk menjadi contoh bagi masyarakat. Dia berharap agar ke depannya tak ada lagi anggota korps Bhayangkara yang mengenakan sandal jepit ketika mengendarai sepeda motor.

“Itu bentuk perlindungan kita kepada masyarakat yang ingin kita bangun, sehingga patuh menjadi bagian bukan lagi karena ada petugas,” jelasnya.

Meski demikian, polisi menegaskan tak akan menindak atau melakukan penegakan hukum terhadap para pemotor yang menggunakan sandal jepit.

Terpisah, Kabagops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi mengatakan, bahwa larangan penggunaan sandal jepit hanya berupa imbauan agar masyarakat lebih mengutamakan keselamatan saat berkendara.

“Tidak ada penindakan,” kata Eddy Djunaedi saat dikonfirmasi, Senin (13/6).

“Harapannya berkendaralah yang aman, mengutamakan keamanan dan keselamatan dalam berkendara,” ucap Eddy.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru