Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gelombang Tinggi 6 Meter Berpotensi Terjadi di Samudra Hindia hingga Perairan DIY

CILACAP, HOLOPIS.COM Peringatan dini gelombang tinggi dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), untuk wilayah Samudra Hindia selatan Jawa Tengah hingga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Gelombang tinggi yang berpotensi terjadi, menurut perkiraan BMKG bisa mencapai 6 meter. Hal tersebut dikarenakan pola angin dengan kecepatan berkisar 5-25 knot.

“Peningkatan tinggi gelombang tersebut dipengaruhi oleh pola angin di wilayah Indonesia bagian selatan yang dominan bergerak dari tenggara-barat daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot,” kata Kepala Kelompok Teknisi BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung Cilacap, Teguh Wardoyo, Minggu (12/6).

Peringatan dini ini berlaku hingga Senin (13/6), untuk laut selatan Jawa Barat, Jateng, serta DIY. Diwilayah tersebut. BMKG menyebutkan, akan memperbaharui jika ad perkembangan lebih lanjut.

Untuk perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen, perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan Yogyakarta. Tinggi gelombang 2,5 – 4 meter yang masuk dalam kategori tinggi.

Kemudian Samudra Hindia selatan Sukabumi, Samudra Hindia selatan Cianjur, Samudra Hindia selatan Garut, Samudra Hindia selatan Tasikmalaya, dan Samudra Hindia selatan Pangandaran.

“Sementara tinggi gelombang 4-6 meter yang masuk kategori sangat tinggi berpotensi terjadi di Samudra Hindia selatan Cilacap, Samudra Hindia selatan Kebumen, Samudra Hindia selatan Purworejo, dan Samudra Hindia selatan Yogyakarta,” kata Teguh.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kemenhub Dapat Tambahan Anggaran Senilai Rp6,69 Triliun Tahun 2025

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia (RI) ...

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru