JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy berbicara secara virtual di Dialog Shangri-La di Singapura. Ia mengatakan, hasil dari peperangan di negaranya tidak hanya memberikan pengaruh terhadap Ukraina, tetapi juga masa depan dunia internasional.

“Saya sangat berterimakasih atas dukungan kalian, tetapi dukungan ini tidak hanya untuk Ukraina, tetapi untuk kalian juga,” kata Zelenskyy dalam pidato online melansir Aljazeera, Sabtu (11/6).

Zelenskyy mengatakan, di medan perang Ukraina lah masa depan dunia ini ditentukan dengan segala kemungkinan.

Presiden Ukraina tersebut mengatakan, pemblokiran yang dilakukan Rusia di Laut Hitam dan Laut Azov telah menahan ekspor makanan Ukraina dari pasar dunia.

“Jika… karena pemblokiran yang dilakukan Rusia kami tidak bisa mengekspor makanan, dunia akan mengalami krisis makanan yang akud di banyak negara Asia dan Afrika,” kata Zelenskyy.

Invasi Rusia terhadap Ukraina telah berlangsung sejak 24 Februari. Rusia mengatakan bahwa mereka tidak menargetkan warga sipil di Ukraina. Namun, Ukraina dan negara sekutu mengatakan Rusia telah menyerang warga sipil serta fasilitas umum warga.