JAKARTA, HOLOPIS.COM Kementerian Luar Negeri (Kemlu) akan memfasilitasi rombongan pengantar jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril yang ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss.

Hal itu dikabarkan oleh Duta Besar RI untuk Swiss dan Liechtenstein, Muliaman Dharmansyah Hadad dalam konferensi pers virtual, Kamis (9/6) malam.

Muliaman menyampaikan, bahwa Pengadilan Kanton Bern telah memberikan kewenangan kepada keluarga yang saat ini berada di Bern untuk menerima jasad Eril.

“Untuk selanjutnya, KBRI Bern akan terus mendampingi keluarga dalam persiapan dan proses pengurusan repatriasi Eril di Tanah Air,” kata Muliaman.

Ia mengatakan, pihaknya akan terus melakukan pengawalan selama proses kepulangan jenazah Eril hingga tiba di Tanah Air.

“KBRI akan melakukan pengawalan dalam proses repatriasi hingga Eril tiba di Indonesia. Kami mohon doa dan dukungan teman-teman media agar seluruh proses persiapan kepulangan Eril ke Indonesia dapat berjalan dengan lancar.”

Setelah jenazah tiba di Tanah Air, Kemlu melalui Direktorat Perlindungan Warga Negara (WN) Indonesia akan memfasilitasi segala keperluan rombongan di Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

“Setiba di Indonesia, direktorat perlindungan WN Indonesia Kemlu akan memfasilitasi kedatangan rombongan di Bandara Soekarno-Hatta,” tutupnya.

Sebelumnya, kabar terkait ditemukannya jenazah Eril telah disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI, Judha Nugaraha dalam press briefing Kemlu, pada Kamis (9/6) siang tadi.

Namun pada saat itu, Judha belum mau memberi tahu lebih banyak terkait hal tersebut. Ia mengaku pihaknya masih menunggu informasi dari pihak Kepolisian Bern.

“Konfirmasi dan informasi detail nanti dari Kepolisian Bern, kalau sudah ada info resmi akan kami sampaikan. Kami lakukan press release khusus,” katanya.