JAKARTA, HOLOPIS.COM – Donald Trump dan dua anaknya, Ivanka Trump dan Donald Trump Jr telah setuju untuk bersaksi dalam penyelidikan sipil negara bagian New York terhadap praktik bisnis mantan presiden AS tersebut.

Jaksa Agung Negara Bagian, Letitia James, sedang menyelidiki apakah Organisasi Trump telah menyesatkan pemberi pinjaman dan otoritas pajak.

Kesaksian akan diberikan setelah selama 6 bulan James memanggil mereka untuk memberikan kesaksian.

Kemudian pada bulan lalu, pengadilan banding negara bagian menengah menolak tawaran Trump untuk menghindari memberikan kesaksian.

Menurut Keluarga Trump, bersaksi dalam penyelidikan perdata hanya akan melanggar hak konstitusional mereka karena kata-kata mereka dapat digunakan dalam penyelidikan kriminal terkait, yang dipimpin oleh Jaksa Distrik Manhattan Alvin Bragg.

Sebagai informasi, Kepala keuangan lama perusahaan keluarga Trump, Allen Weisselberg, didakwa dengan penipuan pajak dalam penyelidikan Manhattan tahun lalu.

Ia mengaku tidak bersalah dan akan diadili akhir tahun ini.

Sementara itu, mantan Presiden AS dari Partai Republik, Donald Trump membantah melakukan kesalahan. Ia mengatakan bahwa penyelidikan tersebut bermotif politik, karena Leticia James adalah seorang Demokrat.

Setelah akhirnya setuju, kesaksian Donald Trump, Ivanka Trump, dan Donald Trump Jr akan dimulai pada tanggal 15 Juli dan bisa berlangsung hingga minggu berikutnya.