Selasa, 17 September 2024
Selasa, 17 September 2024

Gunung Merapi Filipina Meletus, Warga Langsung Mengungsi

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Gunung merapi di bagian timur Filipina mengeluarkan awan gelap raksasa, yang mengharuskan dilakukannya pengungsian.

“Ledakan berasal dari Gunung Merapi Bulusan di provinsi Sorsogon selama 17 menit, menyebabkan gumpalan abu-abu melesat setidaknya 1 km,” demikian dikatakan Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina, melansir AFP, Minggu (5/6).

Sebagai tanggapan, pihak berwenang menaikkan peringatan menjadi satu pada sistem 5 tingkat, yang menunjukkan tahapan “keresahan tingkat rendah.”

Sementara itu, Otoritas bandara Manila mengatakan, sejauh ini tidak ada penerbangan yang terkena dampak letusan.

Sebagai informasi tambahan, Filipina terletak di “Cincin Api” Pasifik yang aktif secara seismik dan memiliki lebih dari 20 gunung berapi aktif.

Gunung merapi Bulusan telah aktif dalam beberapa tahun belakangan, dengan terjadi lusinan erupsi mulai tahun 2016 hingga 2017.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Terungkap, Tersangka Penembakan Donald Trump Ternyata

Donald Trump kembali menjadi target percobaan pembunuhan dengan cara ditembak.

China Dilanda Topan Terbesar Sejak 75 Tahun Silam

Topan Bebinca yang sebelumnya udah diperkirakan akan menghampiri akhirnya tiba di Shanghai China dan membuat puluhan juta orang di pantai timur China yang padat penduduk berdiam diri di rumah.

China Siap-siap Hadapi Topan, Seberapa Berbahaya?

China saat ini sedang bersiap-siap menghadapi hujan lebat pada hari Minggu (15/9). Topan kuat saat ini diperkirakan sedang mendekati pesisir timur China yang berpenduduk padat.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru