JAKARTA, HOLOPIS.COM Sirion terbaru dihadirkan Astra Daihatsu Motor (ADM), untuk pasar Indonesia yang menawarkan beberapa perubahan dan transmisi baru.

Transmisi baru yang digunakan Daihatsu Sirion adalah D-CVT, dan tidak ada versi transmisi yang manual. Kemudian, Daihatsu Sirion hanya ada 2 varian yakni X-CVT dan R-CVT.

Menurut Executive Coordinator Head of Product I Department ADM, Dendy Triyanto, hal tersebut berdasarkan evaluasi peminat Sirion manual yang kecil atau dikatakan hanya sekitar 20 persen.

“Malah kalau di Perodua (Produsen Myvi, kembaran Sirion di Malaysia) itu manual hanya 10 persen (matik 90 persen),” kata Dendy saat peluncuran Sirion (2/6).

Dendy pun menjelaskan, hitung-hitungan perusahaan tidak akan sesuaui jika versi manual terus dipertahankan. Apalagi, Siron merupakan mobil CBU dari Malaysia.

“Terus kalau kami mau ambil cost-nya juga tinggi, harga ke kami. Nah sekarang jamannya apalagi anak muda ini kan kurang manual, lebih ke otomatis makanya kami ke arah otomatis jadi kami full kan saja,” terang dia.

Dendy melanjutkan bahwa pembeli Sirion manual selama ini tidak mempertimbangkan kebutuhan, melainkan harganya lebih terjangkau dibanding otomatis.

“Dan dan memang yang beli 20 persen ini bukan karena MT-nya lebih karena ke harga karena lebih murah,” kata dia.

Di Malaysia, kata Dendy, Perodua juga fokus memasarkan Myvi transmisi manual untuk kebutuhan fleet atau pembeli borongan.

“Kalau di website-nya bahkan tidak ada, semuanya all CVT, memang di sana ada MT tapi untuk fleet,” kata Dendy.

Sirion saat ini hanya dijual dua varian yang semuanya menggunakan D-CVT, X CVT Rp227,6 juta dan R CVT Rp236,8 juta.

ADM berharap menjual 100 unit Sirion per bulan ketika segmen citycar hacthback tengah menyusut.