Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Tenaga Honorer Tak Sepenuhnya Dihapus, Begini Skemanya

JAKARTA, HOLOPIS.COM Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo buka suara terkait isu tenaga honorer di pemerintah yang bakal dihapus pada 28 November 2023 mendatang.

Ia menegaskan, bahwa penghapusan status tenaga honorer di instansi pemerintahan pusat maupun daerah tak sepenuhnya dihapus, melainkan hanya akan diatur melalui skema atau pola pengangkatan tenaga alih daya (outsourcing) oleh pihak ketiga.

Adapun pengangkatan tenaga outsourcing ini sesuai dengan kebutuhan, dengan tetap memperhatikan kondisi keuangan dan karakteristik masing-masing intansi.

“Jadi PPK pada K/L/D tetap bisa mempekerjakan outsourcing sesuai kebutuhannya, bukan dihapus serta merta,” kata Menteri Tjahjo dalam keterangan tertulisnya yang dikutip, Jumat (3/6).

Skema tersebut dilakukan lantaran Instansi pemerintah masih membutuhkan tenaga lain seperti pengemudi, tenaga kebersihan, dan satuan pengamanan.

Lebih lanjut, Tjahjo mengungkapkan, bahwa pemerintah menaruh perhatian khusus terhadap penyelesaian dan penanganan tenaga honorer yang telah mengabdi di lingkungan instansi pemerintah.

Untuk itu, ia meminta Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) diminta untuk segera melakukan pemetaan pegawai non-ASN atau honorer di lingkungan instansinya masing-masing.

Nantinya, bagi pegawai non-ASN yang telah memenuhi syarat akan diikutsertakan dalam seleksi calon Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK)

“Dan bagi yang memenuhi syarat dapat diikutsertakan atau diberikan kesempatan mengikuti seleksi calon PNS maupun PPPK,” imbuhnya.

Tjahjo kemudian mengklaim, bahwa langkah pengalihan tenaga honorer ini memberikan kepastian status kepada pegawai non-ASN untuk menjadi ASN karena ASN sudah memiliki standar penghasilan/kompensasi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru