ACEH, HOLOPIS.COMBencana angin kencang melanda pemukiman warga yang ada di Gampong Alue Buloh, Kecamatan Birem Bayeun, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan, bencana angin kencang tersebut bersamaan dengan tingginya curah hujan yang berlangsung di daerah tersebut sejak Sabtu (28/5).

“Sebanyak 14 rumah warga setempat rusak. Kerusakan ini menimpa warga Gampong Alue Buloh, Kecamatan Birem Bayeun. Fenomena angin kencang terjadi bersamaan dengan hujan lebat yang terjadi di wilayah terdampak,” kata Abdul, Senin (30/5).

Abdul mengungkapkan, beruntung dampak angin kencang hanya pada rumah warga. Tidak ada laporan warga yang mengungsi akibat fenomena tersebut.

Pascakejadian petugas BPBD setempat segera berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk pendataan dan pengecekan lapangan.

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap siap siaga dan waspada. Pasalnya, cuaca di wilayah Kecamatan Birem Bayeun berpeluang hujan ringan – hujan petir pada hari ini, Senin (30/5).