Selasa, 24 September 2024
Selasa, 24 September 2024
NewsEkobizFix Jadi "Menteri Segala Urusan", Luhut Diminta Jokowi Urus Minyak Goreng

Fix Jadi “Menteri Segala Urusan”, Luhut Diminta Jokowi Urus Minyak Goreng

Sekedar diketahui sobat Holopis, bahwa Luhut Binsar Pandjaitan sering kali disebut-sebut masyarakat sebagai Menteri Segala Urusan. Betapa tidak, ia bahkan menjadi menteri yang paling banyak mendapatkan kepercayaan Presiden Joko Widodo mengurusi berbagai bidang yang sifatnya strategis.

Berikut Holopis rangkum 16 jabatan Luhut sepanjang menjadi pembantu Presiden Joko Widodo 2 periode selain urusan minyak goreng tersebut, antara lain ;

1.Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI
Setelah Jokowi terpilih sebagai presiden di periode pertamanya, yakni di tahun 2014, Luhut Binsar Pandjaitan dipilih menjadi Kepala Staf Kepresidenan (KSP). Luhut dilantik pada Rabu 31 Desember 2014 silam.

Sebagai seorang KSP, Luhut memperoleh hak anggaran dan fasilitas setara menteri. Saat itu, Luhut tak langsung ditunjuk sebagai menteri karena diminta untuk membantu penyesuaian Jokowi di masa awalnya menjadi presiden.

Seletah hampir satu tahun menjabat sebagai KSP, Luhut diangkat oleh Presiden Joko Widodo menjadi Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam). Dengan demikian, posisinya sebagai KSP digantikan oleh Teten Masduki dan saat ini diisi oleh mantan Panglima TNI, Jenderal TNI (purn) Moeldoko.

2.Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam)
Setelah hampir setahun menjabat, Presiden Jokowi menunjuk Luhut sebagai Menko Polhukam, menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno. Luhut resmi dilantik sebagai Menko Polhukam pada 12 Agustus 2015 lalu.

Pada saat serah terima jabatan, Tedjo mengakui, bahwa jabatan Menko Polhukam seharusnya sudah lama dipegang Luhut.

“Saya tahu, Bapak Menko (Luhut) sudah lama seharusnya berada di sini. Cuma harus bantu Presiden di Kepala Staf, maka saya sementara yang jadi Menko. Dan, sekarang saya kembalikan,” kata Tedjo di Kantor Kemenko Polhukam, Kamis (13/8/2015).

Kendati demikian, jabatan Luhut sebagai Menko Polhukam hanya berlangsung selama satu tahun. Setelah itu, ia ditunjuk Jokowi untuk memegang jabatan baru, yakni Menko Kemaritiman. Untuk itu, jabatan Menko Polhukam pun digantikan oleh Wiranto.

3. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman)
Presiden Jokowi melakukan perombakan kabinet atau reshuffle pada pertengahan kepemimpinanya di periode pertama, tepatnya pada 27 Juli 2016. Saat itu, Luhut kembali beralih jabatan, dari yang semula Menko Polhukam menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli.

Sekadar informasi, Rizal Ramli saat itu disebut-sebut bertentangan dengan pemerintahan Jokowi sehingga harus dicopot. Namun pemerintah berdalih bahwa pencopotan Rizal Ramli karena yang bersangkutan tidak optimal dalam menjalankan tugasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Digiplus Resmi Hadir di Karawang dengan Dua Gerai Baru

Digiplus, unit bisnis dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), kini hadir di Karawang dengan dua gerai di Karawang Central Plaza dan The Grand Outlet.

IHSG Selamat dari Zona Merah, Perdagangan Ditutup di Level 7.778

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil menguat pada penutupan perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024, setelah sempat berada di zona merah pada perdagangan Senin (23/4) kemarin.

Tak Lagi Berkilau, Harga Emas Antam Hari ini Turun Rp 12.000 Per Gram

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami penurunan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Selasa 24 September 2024.

Harga Emas di Pegadaian Lagi-lagi Mandek

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau masih belum mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini ini, Selasai 24 September 2024.