JAKARTA, HOLOPIS.COM Pemindahan kantor-kantor pemerintahan di Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara ditargetkan rampung pada kuartal II (kedua) 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan saat menjadi pembicara di Perayaan Dies Natalis ke-60 Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang dilaksanakan di Balikpapan, Sabtu, (21/5).

“Proses pemindahan kantor-kantor utama pemerintahan pusat dari Jakarta ke Ibu Kota Negara (IKN) baru ‘Nusantara’ ditargetkan selesai pada kuartal kedua di tahun 2024,” kata Luhut seperti dikutip dari keterangan resmi, Minggu (22/5).

Luhut menegaskan, pembangunan pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kalitin) menarik minat para investor asing untuk berinvestasi. Ia pun membantah rumor yang beredar tentang minimnya pendanaan untuk pembangunan IKN.

Menurutnya, dengan adanya megaproyek seperti IKN ini mampu menciptakan pembangunan yang lebih merata. Sebab, kata dia, investasi yang dulu hanya berpusat di Jawa dan Sumatra, kini tersebar ke berbagai daerah lain, termasuk Kalimantan.

“Saat ini pembangunan Indonesia jauh lebih merata. Banyak industri baru tumbuh di Kalimantan, seperti pembangunan industri energi baru di Kalimantan Utara, serta pembangunan Ibu Kota Negara di Kalimantan Timur,”urainya.

Lebih lanjut, Purnawirawan Jenderal TNI itu mengajak para generasi muda untuk turut andil dalam pembangunan IKN baru ini. Ia mengatakan, IKN Nusantara yang digadang-gadang tak kalah cantik dengan kota modern Neom di Dubai, Uni Emirat Arab ini warisan bagi para generasi muda di masa mendatang

“Di sinilah para pemuda, termasuk GAMKI, harus memainkan perannya, karena banyak sekali lapangan kerja serta program-program UMKM terbuka luas,” ungkapnya.