Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Pandu Riono Harap Masyarakat Tak Kendurkan Pakai Masker

JAKARTA, HOLOPIS.COMPakar epidemiologi dari Universitas Indonesia (UI) dr Pandu Riono mengharapkan agar masyarakat tidak mengendurkan penggunaan masker sepanjang pandemi masih belum dihapuskan.

“Walaupun Presiden Jokowi sudah mengijinkan lepas masker di tempat terbuka, sebaiknya anjuran pakai masker selama beraktivitas di manapun tidak boleh kendor,” kata Pandu, Rabu (18/5).

Hal ini mengingat potensi penularan masih sangat mungkin terjadi, sekalipun imunitas masyarakat sudah terproteksi dengan pencapaian vaksinasi Covid-19.

Jika penukaran masih mungkin terjadi, potensi mutasi varian baru Covid-19 pun masih sangat besar terjadi.

Oleh karena itu, Pandu Riono yang biasa dikenal sebagai juru wabah itu berharap agar masyarakat tetap meningkatkan awareness terhadap kesehatannya sendiri.

“Penularan masih terjadi, virus masih potensial bermutasi. Ingat pesan ibu, pencegahan dengan pakai masker itu lebih baik,” pungkasnya.

Perlu diketahui sebelumnya Sobat Holopis, bahwa Presiden Joko Widodo telah menyampaikan kebijakannya terhadap pelonggaran penggunaan masker.

“Saudara-saudara sebangsa dan setanah air. Pandemi Covid-19 di Indonesia semakin terkendali dan melihat situasi tersebut, pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker di ruang terbuka,” kata Presiden Jokowi, Selasa (17/5).

Namun demikian, Kepala Negara itu mengimbau agar masyarakat tetap mengenakan masker khususnya di tempat tertutup dan area fasilitas publik seperti transportasi umum.

“Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker. Namun, untuk kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik tetap harus menggunakan masker,” tukasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru