Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Khawatir Meluas, PBB Siap Bantu Korea Utara Hadapi Covid-19

JAKARTA, HOLOPIS.COM – PBB mengutarakan rasa khawatir mereka melihat semakin parahnya penyebaran infeksi Covid-19 di Korea Utara. Terlebih lagi, melihat banyak masyarakatnya yang belum divaksinasi.

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sangat khawatir dengen risiko keparahan penyebaran Covid-19 karena populasinya yang belum divaksinasi,” kata Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia, Tedros Adhanom Ghebreyesus, melansir CNA, Rabu (18/5).

Tak hanya karena masyarakatnya yang belum divaksinasi, kekhawatiran juga muncul untuk warga Korut yang memiliki penyakit komorbid.

Belum lagi kekhawatiran PBB terkait tindakan pencegahan oleh pihak berwenang yang justru berisiko melanggar hak dan mendorong orang-orang rentan ke dalam situasi yang lebih berbahaya lagi.

“WHO telah meminta masyarakat Korea Utara (DPRK) untuk memberikan data dan informasi mereka,” kata Tedros.

WHO akan memberikan bantuan teknis, pasokan, tes, obat-obatan, dan vaksin untuk membantu Pyongyang menahan penyebaran.

Sebelumnya, Korea Utara mengumumkan kasus pertama Covid-19 setelah 3 tahun mengklaim bersih dari virus asal China ini.

Setelah dunia mulai melonggarkan peraturan Covid-19 dan tingkat vaksinasi yang mulai merata, Korea Utara saat ini sedang menghadapi gelombang pertama pandemi Covid-19.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.

China Kembali Dihantam Topan, Ratusan Ribu Orang Dievakuasi

Jalanan di lingkungan kota Shanghai China kembali dihadapi topan kedua dalam seminggu. Curah hujan yang terjadi di negara tirai bambu tersebut telah memecahkan rekor lokal di beberapa bagian kota.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru