JAKARTA, HOLOPIS.COM Facebook dikabarkan akan hapus fitur pelacak lokasi pengguna secara real-time, seperti Nearby Friends hingga notifikasi cuaca.

. Seperti dilansir dari 9to5Mac, Selasa (17/5), langkah tersebut diambil, karena fitur -fitur tersebut jarang dipakai oleh pengguna Facebook. Penghapusan fitur itu, akan dilakukan pihak Facebook pada 31 Mei 2022.

“Setelah melewati tanggal tersebut, Facebook akan menghapus semua data yang tersimpan di server pada 1 Agustus mendatang,” tulis Facebook dalam pemberitahuannya kepada pengguna.

Dilansir dari The Verge, perusahaan induk Facebook, Meta, juga telah mengkonfirmasi langkah yang akan dilakukan itu.

“Meski sudah dihapus, pengguna masih bisa pakai Location Services untuk mengelola bagaimana informasi lokasi mereka dikumpulkan dan digunakan,” ujar juru bicara Meta, Emil Vazquez.

Walau dihapus, bukan berarti Facebook akan berhenti mengumpulkan data lokasi penggunanya sama sekali.

Berdasarkan catatannya kepada pengguna, perusahaan akan terus mengumpulkan informasi lokasi untuk pengalaman lain.

Beberapa meyakini, hal ini berhubungan dengan bagaimana iklan akan tampil sesuai dengan lokasi pengguna dan kebijakan datanya.

Informasi, pengguna dapat melihat, download, atau menghapus data lokasi mereka yang tersimpan di platform media sosial dengan cara masuk ke menu Settings dan Privacy.

Bila tidak dihapus secara manual, Facebook akan menghapus semua data yang tersimpan dan terkait dengan layanan pelacak lokasi pada 1 Agustus 2022.