Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Rayakan Waisak, Ribuan Umat Buddha Gelar Arak-arakan Menuju Candi Borobudur

MAGELANG, HOLOPIS.COM Setidaknya ribuan umat Buddha di Indonesia pada hari ini, Senin (16/5), menggelar pawai atau arak-arakan dari Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur. Acara ini digelar dalam rangka perayaan Tri Suci Waisak 2566 Buddha Era (BE) atau tahun 2022.

Melansir dari laman resmi Kementerian Agama (Kemenag), para peserta pawai dan arak-arakan api suci, air berkah dan hasil alam diikuti berbagai majelis Buddha di Indonesia. Mereka bergerak dari pelataran sejak pukul 07.30 pagi hingga pukul 11.00 WIB.

Adapun pawai atau arak-arakan itu dimulai dari pelataran Candi Mendut menuju Candi Agung Borobudur. Rangkaian pawai pertama dengan rombongan sepeda yang dipimpin Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kemudian diikuti para Bikkhu, Bhikuni dan rohaniawan serta perwakilan majelis Buddha lainnya.

Ketua Umum Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI), Sri Hartati Murdaya juga tampak hadir dalam perayaan tahunan itu. Hadir juga jajaran pimpinan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi).

Tak berlangsung lama setelah peserta pawai mulai bergerak, atau tepatnya pada pukul 08.00 WIB, hujan dengan intensitas ringan mulai mengguyur wilayah Kota Magelang.

Kandati demikian, kondisi tersebut tak mengurangi antusias warga menyaksikan pawai dan arak-arakan tersebut. Warga tetap berjejer di tepi jalan menyaksikan rombongan pawai sembari mengucapkan selamat hari raya Waisak kepada para Bikkhu dan peserta pawai.

“Selamat Hari Raya Waisak, Semoga Berbahagia,” ucap warga serentak, Senin (16/5).

Perwakilan agama lainnya seperti Kristen, Katolik, Hindu dan Khonghucu juga menyambut peserta pawai menjelang masuk gerbang Candi Agung Borobudur.

Dalam pawai tersebut peserta juga menampilkan semangat persatuan dengan mengenakan pakaian nusantara dari 34 provinsi serta kearifan lokal

Acara arak-arakan ini berakhir di pelataran Candi Agung Borobudur. Selanjutnya, para Umat Buddha menjalani meditasi Waisak yang digelar di pelataran Candi Borobudur sejak pukul 11.00 WIB tadi.

Adapun puncak perayaan Hari Raya Waisak tahun 2022 akan berlangsung di Candi Agung Borobudur, Senin (16/5) malam nanti.

Acara tersebut akan dihadiri langsung oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersama para menteri kabinet Indonesia Maju, sejumlah kepala daerah dan pimpinan lembaga negara lainnya.

Turut hadir juga Wapres KH Ma’ruf Amin secara daring dalam acara puncak perayaan Hari Raya Waisak 2022 yang mengusung tema Jalan Kebijaksanaan Menuju Kebahagian.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Apakah Makan Es Bisa Membuat Gemuk?

Makan es, terutama dalam bentuk es krim atau dessert beku, sering kali menjadi camilan yang menyenangkan.

4 Tips Menyelamatkan Diri Dari Badai Berbahaya

Belakangan ini, beberapa wilayah di negara-negara Asia Tenggara dilanda topan dan badai yang berbahaya karena dampak dari pemanasan global.

5 Khasiat Buah Anggur Merah, Manis dan Banyak Manfaat Baik

Siapa sih yang tidak suka dengan anggur merah? Anggur merah adalah buah yang bukan hanya lezat tetapi juga kaya akan manfaat kesehatan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru