JAKARTA, HOLOPIS.COM – Shanghai akan semakin banyak membuka toko-toko dan bisnis seperti pusat perbelanjaan dan salon setelah berminggu-minggu melakukan lockdown ketat akibat gelombang Covid-19 yang parah.

Melansir dari CNA, Minggu (15/5), masih ada beberapa tanggapan skeptis dari warga Shanghai yang mengatakan bahwa mereka tetap tidak diizinkan keluar dari rumah mereka.

“Kalian berbohong kepada siapa? Kami saja (warga) tidak bisa keluar dari komplek kami. Kalian bisa buka toko tapi tidak ada yang bisa mengunjunginya,” kata seorang pengguna aplikasi Weibo yang tidak menyebutkan namanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, warga Shanghai tidak diizinkan meninggalkan rumah selama lockdown. Kecuali untuk kebetuhan kebutuhan penting.

Sempat melakukan lockdown selama lebih dar 6 bulan, warga Shanghai marah dan merasa kelelahan dengan peraturan ketat ini.

Namun, harapan Shanghai untuk menyudahi lockdown mulai terlihat saat Shanghai menguji kereta api di jaringanya yang luas untuk persiapan dibuka kembali.

Meski demikian, belum dilaporkan kapan kereta api di Shanghai akan kembali beroperasi pasca Lockdown.