Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Finlandia Ajukan Diri Untuk Bergabung Dengan NATO

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Presiden Finlandia Sauli Niinisto mengatakan bahwa negaranya akan mendaftar keanggotaan aliansi militer NATO demi perubahan kebijaksanaan bersejarah yang didorong oleh Invasi Rusia ke Ukraina.

“Hari ini, kami, presiden, dan komite kebijakan luar negeri pemerintah telah memutuskan bahwa Finlandia akan mengajukan diri untuk keanggotaan NATO (North Atlantic Treaty Organization).

Niinisto juga telah menelpon Presiden Rusia Vladimir Putin untuk memberitahunya rencana Finlandia yang ingin bergabung dengan NATO.

Putin mengatakan keputusan tersebut dapat merusak hubungan Moskow dan Helsinki. Perlu diketahui, Rusia dan Finlandia adalah negara yang bersebelahan dan berbagi perbatasan.

Tak hanya Finlandia, Swedia juga diperkirakan akan mengikuti langkah yang serupa untuk bergabung bersama NATO. Publik Swedia pun sudah memberikan dukungan akibat kekhawatiran keamanan di negara mereka.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jepang Lakukan Peringatan Bencana Karena Hujan Deras

Para pihak berwenang di Jepang meminta puluhan ribu orang untuk mengungsi dari wilayah Ishikawa pada hari Sabtu (21/5).

Tema Hari Perdamaian Internasional 2024 : Membangun Budaya Damai

Hari Perdamaian Internasional yang diperingati setiap tanggal 21 September setiap tahunnya menjadi momen refleksi bagi seluruh umat manusia untuk mengupayakan perdamaian dunia.

Donald Trump Akan Salahkan Rakyat Yahudi Jika Ia Kalah Pilpres AS 2024

Mantan Presiden Amerika Serikat yang juga sekaligus kandidat Presiden dari Partai Republik Donald Trump mengatakan bahwa pemilih Yahudi – Ameirka Serikat akan ikut disalahkan jika ia tidak berhasil memenangkan pemilu 5 November mendatang.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru