JAKARTA, HOLOPIS.COM Wilayah Ciputat, Tangerang Selatan, menjadi wilayah dengan suhu terpanas se – Indonesia. Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah tersebut sempat alami suhu hingga 36 derajat celcius. BMKG pun memberi penjelasan, terkait dengan kondisi yang terjadi di Ciputat.

“Kondisi suhu udara permukaan di suatu wilayah secara lokal sangat dipengaruhi oleh posisi lintang, topografi, jarak dari lautan, sirkulasi udara, dan faktor lokal, seperti tutupan lahan (banyak tidaknya pepohonan), atau dominasi pembangunan perkotaan, dan lain sebagainya,” jelas Kabid Prediksi dan Peringatan Dini Cuaca BMKG, Miming Saefudin (12/5).

Dalam periode 1 – 11 Mei 2022, hasil data pemantauan suhu udara maksimum yang diukur dari Balai BMKG II menunjukan suhu daerah Ciputat, berkisar 33.8-36.0 derajat celsius.

Miming mengatakan, angka tersebut cukup tinggi jika dibandingkan dengan suhu udara maksimum di wilayah Indonesia lainnya.

“Hal ini kemungkinan dikarenakan wilayah Ciputat dan sekitarnya berada pada elevasi rendah dan cukup dekat dengan permukaan laut,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, peningkatan suhu udara permukaan juga disebabkan oleh tutupan lahan yang didominasi oleh bangunan dan minimnya area pepohonan.

Keberadaan bangunan dengan ketinggian homogen juga berpengaruh pada kurang lancarnya aliran udara permukaan.

“Jadi faktor secara umumnya adalah kondisi lokal lingkungan di wilayah Ciputat sangat berpengaruh juga terhadap kondisi suhu yang lebih panas dibandingkan sekitarnya,” paparnya.

Jika dilihat dari peta perkiraan awal musim kemarau BMKG, awal musim kemarau sudah terjadi di sebagian wilayah Indonesia. Sedangkan, sebagian wilayah masih periode transisi.